Sasaran-sasaran dapat tercapai melalui implementasi strategi pencapaian sebagai berikut:

Peningkatan Kualitas dan Relevansi Pendidikan

Kebijakan, dalam bidang pendidikan diorientasikan untuk meningkatkan kualitas akademik profesionalitas, kepribadian dan kemampuan sosial, guna mencapai keunggulan kompetitif, perluasan kesempatan dan akses untuk memperoleh pendidikan tinggi, menyempurnakan dan memantapkan program studi dan kurikulum, mutu proses pembelajaran, mengembangkan dan peningkatan kompetensi melalui pelatihan Distance Learning Bidang Konstruksi (PJJBK) yang bekerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Dirjen Bina Konstruksi, serta memperkuat jejaring dan kemitraan dengan lembaga lain baik lokal, nasional, dan lnternasional.

Salah satu sasaran strategis dari program ini adalah terselenggaranya proses pembelajaran yang berkualitas. Pencapaian strategis dari program ini dilakukan melalui beberapa program kerja berikut:

  1. Meningkatkan kualifikasi dan kompetensi tenaga kependidikan dan tenaga profesional melalui pelatihan ahli muda perencana irigasi, ahli pengawas konstruksi bangunan gedung dan pelatihan kepala pengawas pekerjaan jalan dan jembatan.
  2. Meninjau dan memperbaharui kurikulum, silabus dan rencana pembelajaran sesuai arah kebijakan pendidikan nasional, perundangan, dan perkembangan teknologi secara berkelanjutan.
  3. Mengoptimalkan kegiatan seminar dan lokakarya akademik, penulisan buku ajar dan modul bahan ajar di lingkungan Program Studi Komputerisasi Akuntansi.
  4. Meningkatkan pemanfaatan sumber daya digital (e-learning, e-journal dan digital library) dalam proses pembelajaran.
  5. Meningkatkan jumlah koleksi text book dan jurnal di perpustakaan universitas sebagai sumber referensi proses pembelajaran.
  6. Mengembangkan kerjasama kelembagaan untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia pada tingkat lokal, nasional, dan internasional.
  7. Menyempurnakan sistem informasi manajemen akademik termasuk peningkatan pelayanan prima dalam bidang akademik.

Peningkatan Kualitas dan Relevansi Penelitian

Kebijakan penelitian dan pengembangan difokuskan untuk mendorong tumbuhnya penelitian yang bermutu dan dikelola secara baik, sehingga melahirkan karya penelitian yang inovatif dan unggul, mutakhir, terdiseminasi dan dapat di implementasikan serta memperoleh pengakuan secara nasional dan internasional. Kebijakan di atas diwujudkan dalam sejumlah program sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kualitas metodologi dan manajemen penelitian
  2. Memfasilitasi pengembangan penelitian dan kelompok-kelompok penelitian berbagai disiplin ilmu dan interdisiplin.
  3. Mendorong pengembangan jejaring penelitian antar lembaga dan staff dosen di lingkungan Program Studi.
  4. Meningkatkan kerja sama dan penelitian bersama dengan perguruan tinggi, instansi pemerintah daerah, dan lembaga penelitian lainnya,
  5. Memperkuat peran serta sivitas akademika dalam pengembangan keilmuan teknik Sipil terutama dibidang sumber daya air dan jembatan.
  6. Mengembangkan penelitian dan hasil-hasil penelitian dibidang teknik Sipil.

Peningkatan Kualitas Pemanfaatan Pengabdian Pada Masyarakat

Pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat dilakukan dalam bentuk pelatihan dan kegiatan sosial. Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) sebagai unit yang mengkoordinasi kegiatan ini telah melakukan beberapa kegiatan di lingkungan Universitas Bina Darma. Kebijakan untuk peningkatan kualitas aspek pengabdian pada masyarakat diwujudkan dalam program-program sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pelatihan-pelatihan yang bersifat pengembangan sumber daya masyarakat.
  2. Mengimlementasikan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Memfasilitasi program-program pemerintah dan stakeholder dalam pemberdayaan masyarakat untuk mencapai kesejahteraan.
  4. Meningkatkan peranan perguruan tinggi sebagai center of excellent bagi masyarakat.

Peningkatan Kerjasama dengan Institusi Dalam dan Luar Negeri

Usaha peningkatan kerja sama dengan berbagai instansi baik negeri dan swasta, sekolah dalam dan luar kota, maupun instansi dalam dan luar negeri. Berkaitan dengan peningkatan kerjasama dengan institusi, rencana kerja teknik Sipil sebagai berikut:

  1. Memperluas pembangunan infrastruktur kerjasama melalui optimalisasi Bina Darma Career and Training Centre (BDRCC) dan Biro Kerjasama.
  2. Menyempurnakan manajemen program studi teknik Sipil yang lengkap akurat dan muktahir yang didukung dengan penggunaan teknologi informasi.
  3. Meningkatkan kuantitas dan kualitas kerjasama di tingkat program studi.